Senin, 15 Juni 2015

Batas Usia Kamera Sebelum Rusak

Apakah benar semua kamera akan rusak, kalau benar buat apa orang membeli kamera mahal dan menabung untuk membeli sesuatu yang pasti rusak?


Semua buatan manusia apalagi elektronik tentu suatu waktu akan rusak, kadang di bawah setahun, kadang masih bisa digunakan setelah puluhan tahun. Pada dasarnya, orang-orang membeli kamera yang berkualitas untuk digunakan untuk membuat foto, bukan untuk koleksi semata, jadi jika suatu saat kamera rusak juga tidak apa-apa dan merupakan suatu kewajaran.

Lantas sebenarnya berapa kira-kira usia sebuah kamera? Hal ini tergantung dari kualitas kamera. Komponen yang paling cepat rusak biasanya adalah komponen shutter. Biasanya, komponen ini akan rusak rata-rata setelah 50.000 kali jepret, dan kualitas yang lebih bagus bisa mencapai 100.000 dan 150.000. 


Jika komponen ini rusak, masih bisa diperbaiki, tapi biasanya biayanya cukup lumayan, yaitu sekitar 25% dari harga kamera, sehingga banyak yang memilih membeli kamera baru saja yang lebih canggih daripada memperbaiki kamera dengan shutter yang rusak.
Selain itu faktor usia juga mempengaruhi kerusakan dari komponen-komponen lainnya. Spare part kamera digital biasanya dijual sekitar 10 tahun sejak kamera diluncurkan, setelah itu, spare part kamera baru biasanya tidak diproduksi lagi. 
Jadi setelah kira-kira 12-15 tahun, jika ada komponen kamera yang gagal berfungsi, maka kamera tersebut tidak bisa diperbaiki lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kirim kritik dan saran anda disini